Rabu, 18 November 2020

[TUTORIAL UBUNTU] MENGATASI PESAN “SUDO: UNABLE TO RESOLVE HOST” DI TERMINAL UBUNTU 16.04 LTS

 Kemarin saya menemukan pesan di terminal seperti pada judul di atas pada saat menjalankan perintah sudo. Pesan tersebut muncul setelah saya install Ubuntu 16.04 LTS. Padahal Ubuntu versi-versi sebelumnya saya tidak pernah menemukan pesan tersebut. Memang pesan tersebut tidak ada efeknya pada saat saya menjalankan perintah sudo, namun saya tetap bertanya-tanya kenapa pesan tersebut muncul. Akhirnya saya menemukan jawabannya setelah saya bertanya di forum Ubuntu Indonesia. Pesan tersebut muncul karena terjadi perbedaan nama host antara file /etc/hostname dengan file /etc/hosts. Berikut cara mengatasinya :

  • Buka terminal. Ketik cat /etc/hostname. Akan muncul nama host di system Ubuntu.

  • Masih di terminal, ketik cat /etc/hosts. Akan muncul nama host di system Ubuntu.

    screenshot-from-2016-10-31-06-16-03

  • Apabila terjadi perbedaan antara /etc/hostname dengan /etc/hosts lakukan perubahan dengan cara ketik sudo gedit /etc/hosts. Rubah dan sesuaikan nama hostnya.

    Screenshot from 2016-10-31 06-23-26.png

  • Setelah itu save dan restart system Ubuntu.

Share:

0 comments:

Posting Komentar

KEPALA SMAN 95


Kepala SMAN 95 Jakarta

Dewi Elvi, S.Pd, M.Si

Profil SMAN 95

Pelepasan 2020